Ketika sedang di tempat ramai dan banyak suara yang menganggu padahal sedang asyik mendengarkan musik menggunakan earbuds/earphone, cenderung orang-orang akan memperbesar suara earbuds/earphone -nya agar tidak mengganggu keasyikan mendengarkan musik. Perlu anda ketahui bahwa hal tersebut dapat membahayakan pendengaran anda.

Hal itu dikarenakan Ketika anda mendengar suara keras, cairan di dalam kuping anda akan bergerak lebih banyak sehingga dapat merusak sel-sel yang mengirim sinyal ke otak. Bila hal ini sering anda lakukan, maka akan semakin besar resiko yang anda dapatkan.

Bagaimana mengetahui apakah volume suara yang dengar terlalu keras atau tidak? Bila anda tidak dapat mendengarkan suara sekitar, bila orang lain harus bicara lebih keras agar anda dapt mendengar perkataanya, ada bunyi mendengung atau sakit di kuping. Bila anda merasa mengalami hal tersebut, tandanya suaranya terlalu keras.

Menurut dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp.THT-KL, yang bisa anda lakukan untuk menjaga pendengaran anda adalah dengan mengontrol waktu penggunaan menggunakan earbuds/earpone. Maksimal 1 jam sehari dalam menggunakan earphone/earbuds. Selain itu usahakan maksimal volume suara 60% dari device anda. Bila volume suara lebih dari itu, maka maksimal waktu penggunaannya juga semakin berkurang.

Mari jaga kesehatan telinga anda.

Sumber: Youtube, Popsci

Photo by bruce mars on Unsplash