Mungkin anda pernah membaca atau bahkan diberitahu bahwa sering-sering menatap ke layar smartphone anda dapat merusak mata anda hingga kebutaan. Tunggu dulu, anda jangan langsung percaya begitu saja.  Dikarenakan hingga artikel ini diterbitkan, belum ada bukti secara sains bahwa hal tersebut berbahaya.

Pengaruh yang sudah dikenali adalah pengaruh ke ritme tidur dan bangun anda. Hal ini dikarenakan cahaya elektronik seperti smartphone, PC/laptop mengeluarkan cahaya biru yang memberikan stimulasi untuk bangun dan terus terjaga. Sehingga bila anda memegang smartphone sebelum tidur, anda akan lebih sulit untuk tidur dan jam bangun natural anda juga akan berubah.

Belum ada yang penelitian yang bisa membuktikan bahwa menatap layar berlama-lama dapat merusak mata hingga mengalami kebutaan. Namun bila anda merasa mata anda lelah dikarenakan terlalu lama menatap layar? Hal itu dikarenakan ketika anda menatap layar, mata anda cenderung lebih sedikit berkedip hingga membuat mata menjadi kering, pegal atau tegang.

Cara terbaik untuk melindungi mata anda dari mata kering, pegal ataupun tegang tersebut dengan formula 20:20:20. Setiap 20 menit pindahkan pandangan anda dari layar selama 20 detik ke jarak pandangan 20 kaki (6 meter).  Bila mata anda terasa kering, anda bisa berikan obat tetes mata yang bisa meringankan gejala tersebut. Untuk mengubah cahaya layar menjadi cahaya berwarna coklat, gelap, merah atau lainnya, belum ada hasil penelitian yang bisa membuktikan efektifitas cahaya tersebut untuk kesehatan mata.

Mari selalu jaga kesehatan mata dengan 20:20:20.

 

Sumber: Should You Be Worried About Blue Light?

Photo by Adrien Olichon on Unsplash