Bila anda mengalami masalah di Windows anda, dan bingung masalahnya di mana, mungkin anda bisa install ulang Windows anda agar seperti baru lagi alias fresh. Sebenarnya menginstall Windows itu tidak rumit. namun bila ada tahapan yang salah, data-data anda bisa hilang begitu saja. Maka dari itu mungkin ada baiknya membaca tutorial dibawah ini untuk mengetahui langkah-langkahnya agar tidak mengalami masalah.

Mari langsung saja.

Langkah 1: Hubungkan USB/DVD Windows 7 Bootable yang telah anda buat.  Lalu restart computer anda, dan pilih boot via USB/DVD.

Cara memilih boot menu melalui BIOS: Tekan F2 atau Delete sebelum masuk ke Windows.

Cara masuk ke boot menu: Tekan F9 atau F10, atau F11 sebelum masuk ke Windows. Nanti akan ada pilihan boot nya. Pilih melalui USB/DVD.

Langkah 2: Saat muncul Windows seperti dibawah ini, klik saja NEXT, karna tidak perlu ada yg diubah. Lalu pilih INSTALL NOW.

Langkah 3: Pilih Windows yang akan diinstall, lalu klik NEXT. Setelah itu klik “I accept the license agreement”, dan klik NEXT.

Langkah 4: Pilih “Custom (Advanced)”, lalu pilih harddisk yang ingin diinstal, “Drive options (advanced)”, pilih format, dan  klik NEXT. Windows akan otomatis menginstall.

Langkah 5: Beri nama PC/Laptop anda, lalu klik NEXT. Bila anda mau PC/Laptop anda berpassword, silahkan diisi di bagian password, tapi bila tidak, silahkan klik NEXT.

Langkah 6: Pilih saja “Ask me later”, lalu set jam menjadi Bangkok Hanoi, dan sesuaikan tanggal dan jamnya. Lalu Windows akan melanjutkan “Finalizing your setting”, tunggu beberapa menit.

Langkah 7: Windows selesai diinstal.

Bagaimana? Mudah bukan cara menginstall Windows. Anda tidak perlu membawa laptop ke service center ataupun teknisi untuk langkah-langkah ini bukan?