Bila Windows mengalami permasalahan, terkadang jalan terbaiknya adalah dengan menginstal ulang Windows-nya. Namun seringkali laptop/PC akan dibawa ke service center atau teknisi untuk pengerjaannya. Padahal caranya cukup mudah. Namun sebelumnya anda harus memiliki file Windows ISO sesuai versi yang akan anda pakai.

Banyak cara mendapatkan file ISO Windows versi 7, 8, 8.1, dan juga Windows 10. Beberapa caranya adalah:

  1. Download via Torrent

Beberapa website Torrent terbaik bisa anda lihat di sini. Kelebihan download via Torrent adalah anda bisa melihat banyak versi Windows. Selain itu bila download belum selesai, anda bisa lanjut mendownlad filenya kapan saja. Kekurangannya adalah tidak ada “jaminan” file besih dari virus.

  1. Windows 10 Media Creation Tool/ Windows 8.1 Media Creation Tool

Sesuai namanya, Windows 10 Media Creation Tool akan membantu anda mendownload Windows 10 ISO dan Windows 8.1 Media Creation Tool akan mendownload Windows 8.1 ISO. File terjamin karena didownload langsung dari server Windows, namun sepengalaman Cerita Gadget, kecepatan download tidak memuaskan dan juga koneksinya kurang stabil.

  1. Langsung dari Windows

Anda bisa download Windows 7 langsung dari websitenya melalui link ini. Namun perlu diketahui bahwa anda harus memiliki serial Windows 7 terlebih dahulu.

  1. Windows ISO Downloader

Melalui aplikasi ini anda bisa memilih untuk mendownload Windows versi 7,8 ataupun 10. Selain itu anda juga bisa mendownload Microsoft Office berbagai versi di sini.

  1. Forum IDWS

Sebelum bisa mendownload, anda harus membuat akun terlebih dahulu di forum ini. Di forum ini ada banyak pilihan versi Windows yang bisa anda dapatkan. Link download-nya biasanya mudah diakses dan kecepatannya juga cukup bagus.

Anda bisa memilih cara mana yang menurut anda sesuai untuk anda dan kecepatan koneksi yang anda miliki. Bila kecepatan koneksi terbatas, torrent bisa menjadi pilihan yang terbaik karena anda bisa melanjutkan download kapan saja, bila melalui cara lain, bila download tidak selesai, anda harus mengulang dari awal. Hal ini menyulitkan karena ukurannya yang besar hingga 4GB tergantung versi Windows-nya.

Bila anda sudah memiliki file ISO Windows yang akan anda pakai, anda bisa langsung membuat USB Installer yang tutorialnya bisa dilihat di sini.

Selamat mencoba!